The Garden of La Piazza, Spot Instagramable di Jakarta

Sudah lama daku gak main ke sudut La Piazza, Kelapa Gading Jakarta. Eh, pas kemarin jalan-jalan ke sana, Sabtu (2/2/2019), kaget euy, ada perubahan spot area. Tempat yang dulu hanya kosong dan cuma diisi kursi-kursi dan meja untuk tempat makan kala malam hari, kini disulap menjadi kebun bunga.

Tempat ini diberi nama “The Garden of La Piazza”.


Rupanya, "penyulapan' ini sudah hampir satu tahun lamanya. Kemanakah daku selama ini? Hingga tak tahu ada tempat kece dan cetar terpampang nyata seperti ini?

The Garden of La Piazza

Yuhu, masuk ke dalamnya bunga-bunga syantik nan manja bertaburan mengelilingi tempat ini, menyambut pengunjung yang datang. Persis seperti kebun bunga. Memanjakan mata. Indah. Ah...

Gak cuma ditaruh di lantai, ada pula bebungaan yang dipajang di atas gerobak dan mobil bekas. Ada  yang menempel di tembok, ada pula yang bergelayut manja di dinding. Pun, tak sedikit pot-pot bunga bergelantungan di kayu-kayu penyangga. Lampion-lampion merah pun ikut menyemarakkan tempat ini, membuat kebun bunga ini jadi tambah merona.




Saat pertama melihat, langsung deh kepikiran kalau ini adalah spot yang kece banget buat foto-foto. Kalau istilah zaman sekarang, spot instagramable, hehehe.

Iya, emang bener. Pas saya ke sana banyak pengunjung yang foto-foto. Ada yang datang bersama teman-teman, pasangan atau bareng keluarga. Tinggal dipilih aja mana spot yang asik. Semuanya dikelilingi bunga, atau berlatarbelakang bunga-bunga dengan dedaunan yang hijau. 













Asik ya kalau makan atau nongkrong tapi di tempat yang adem dan indah karena dikelilingi bunga. Bisa betah berlama-lama nongkrong di sana, karena tempatnya nyaman. Mengajak anak-anak main ke sini boleh juga tuh, sembari mengenalkan mereka dengan tetanaman. Asal diawasi saja anaknya, jangan sampai anaknya petik-petik bunga, hehehe.

Tempat ini juga asyik buat anak-anak menikmati suasana yang adem sambil baca buku, seperti saat saya melihat anak kecil yang membaca buku di dalam kebun ini. Jadi serasa kayak taman kota. Bedanya, taman atau kebun ini berada dalam kawasan mall.


Asiknya nongkrong bareng konco-konco di kebun bunga
Baca buku di taman
Kalau lapar, boleh juga jajan di sini.  Ada sekitar 8 gerai jajanan yang ada di dalam area kebun bunga ini. Ada bakso, nasi goreng, minuman dan beberapa cemilan lainnya. Bukanya dari jam 4 sore sampai malam. Kenapa gak dari pagi? Ya, karena tempat ini kan terbuka, tentu saja panas kalau siang. Jadi sepi. Makanya jajanannya baru buka jam 4 sore. Tapi kalau untuk kebun bunganya, ya terbuka setiap saat, gak ditutup. Dan gak berbayar juga masuk ke sini alias gretong. 

Mari pesan makanan
Sekitar 4 tahun lalu, saya sering main ke La Piazza bersama teman-teman kantor saat pulang kerja. Nongkrong sambil ngobrol di coffee shop, atau menikmati pertunjukan musik sambil menyantap makan malam. Asik banget deh tempat ini. Kalau bosen nongkrong di La Piazza, ya jalan-jalan ke mall Kelapa Gading, karena tempat ini memang nyambung dengan mall tersebut.

Jika ada gelaran acara macam Jakarta Fashion and Foof Festival (JFFF), tempat ini juga dijadikan area untuk hajatan tahunan itu. Makanya sering main ke sini. 


Namun, setelah ada pembangunan proyek MRT di depan mall, area di depan/ sekitar La Piazza jadi “mati suri’. Bagian pintu masuk jadi tak terawat karena “tergerus’ proyek MRT. Hingga akhirnya pintu masuk dari La Piazza ditutup, bangunannya kotor tertutup debu-debu dari proyek MRT. Jembatan penyebrangan orang pun dirobohkan karena harus dibangun jembatan khusus MRT. Padahal jembatan ini salah satu penghubung ke La Piazza dari arah seberang jalan.

Satu per satu, gerai/ tenant yang berjualan di mall yang berada di sisi La Piazza pindah atau dipindahkan ke mall Kelapa Gading, karena tempat ini jadi sepi. Salah satunya akibat penutupan pintu masuk dari sisi La Piazza tadi. Itu sebab, akhirnya gak pernah lagi main ke La Piazza, karena kalau dari luar terlihat seperti gedung yang mati. 

Namun, kalau masuk dari arah mall-nya, La Piazza masih “hidup” bro! Foto-foto yang ada di sini, bukti kalau La Piazza masih ada dan masih jadi tempat asik buat nongkrong.
 

Nah, di sebelah kebun bunga, masih ada area untuk duduk sambil santap makanan. Dari sini juga bisa menonton pertunjukan di panggung La Piazza (Panggungnya yang ada tulisan DOCK)
The Garden of La Piazza, dilihat dari sisi panggung La Piazza

La Piazza adalah satu sudut atau corner di Mall Kelapa Gading, Jakarta. Tempat ini juga menjadi lifestyle center yang berada di Sentra Kelapa Gading. Sering ada pertunjukan musik, komedi atau acara lainnya di panggung. Nah, kalau area tempat menontonnya yang outdoor (yang kini jadi kebun bunga) sering digunakan sebagai tempat makan, karena banyak juga jajanan di tempat ini. Bahkan, kalau ada event-event tertentu seperti Jakarta Fashion and Food Festival JFFF, seperti yang saya katakan di atas, area inilah yang dijadikan tempat event itu berlangsung.

Nah, sekarang sudah jadi kebun bunga, apakah mungkin dirombak hanya demi gelaran sebuah event? Kalau menurut mbak yang berjualan bakso di sana, waktu helatan JFFF 2018 lalu, “The Garden of La Piazza” gak dirombak, hanya saja tempat gelaran JFFF-nya dipindah ke area bawah atau di tempat area parkir mobil yang dekat dengan jalan raya. Kirain....hehehe..



Gerobak manja jadi tempat menaruh tanaman
Mau foto di mobil bekas ini?

Suka daku dengan disulapnya tempat ini jadi kebun bunga yang indah dan menarik. Hanya saja, tak semua bunga yang ada di tempat ini adalah bunga hidup, ada juga bunga plastik atau dari bahan apa gitu, jadi karena saat ini musim hujan, jadi ada yang rusak. Tapi secara keseluruhan ya masih tetap indah dilihat. 

Anda sudah pernah main ke sini? Belum? 


Hayo ngaku, melihat foto-fotonya di artikel ini jadi kepengen kan main ke sana dan foto-foto? 

Baca juga:  Taman Kodok, Tempat Mengusir Penat





22 comments

  1. baru tau ih udah secakep ini. terakhir kesana masih yang gelap kosong serem gitu karena pada tutup kan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. toko2/tenantnya memang pada tutup di sisi La Piazza, jadi itu kali yang bikin tempat ini dulu terkesan kosong dan "mati". Kini sdh hidup lagi mbak, yey! Tapi bagian area kulinernya aja yang hidup, toko2nya pada pindah ke mall kelapa gading, gak lagi di bagian La Piazaa.:)

      Delete
  2. Wuaaah, sudah lama juga aku gak main2 ke La Piazza. Udah berapa tahun tuh sejak pada mati suri semua tenantnya.

    Ternyata skrg udah disulap jadi kebun bunga yaaa.. wuaahh wajib kesini nih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Oline, aku aja kagum. Jadi syantik dan manjah tempatnya, hehehe

      Delete
  3. ini bagus emang. apalagi kalo malem

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam hari terlihat kece dengan bling-bling lampunya ya. Tapi buat difoto, kalau kameranya "ala kadar" malah gak bagus, karena pencahayaan kurang, hehehe

      Delete
  4. wah, keren banget mbak tempatnya. Apalagi di dalam mall kan. Soalnya aku kurang suka tempat yang becek, tapi suka juga kalau ada bunga. Perpaduan mall dan bunga pas untuk aku tuh :D

    ReplyDelete
  5. Wah cakep banget tempatnya, tanaman hijau, bunga dan lampion, benar-benar spot instagramable nih, asyik buat pepotoan hehehe. Ngebayangin nongkrong, nyemil2 di sini, sambil menikmati pemandangan asri seperti ini, senangnyaa.

    ReplyDelete
  6. Saya mau buat pengakuan, saya mengaku mupeng lihat foto-fotonya. tempat seindah ini dan tak perlu biaya untuk menikmatinya, siapa yang nggak pengen?
    Eh, kalau saya tetap perlu biaya, biaya malang-jakarta

    ReplyDelete
  7. Pertanyaan yang sama juga mampir di benakku mbak. Bolak balik ke Jakarta kemana aja baru tau ada tempat sekece ini. Thanks for sharing ya, next time ke Jakarta kayaknya kudu mampir ni, secara saya suka tanaman dan tempat sejuk2 seperti ini :)

    ReplyDelete
  8. Saya sudah lama banget tidak main ke La Piazza. Pasti banyak perubahan. Apalagi kalau dipercantik dengan taman bunga seperti ini, tentunya akan menjadi daya tarik bagi pengunjung yang sudah lama tak datang ya Mbak

    ReplyDelete
  9. Cakep mba aku belum pernah ke La Piazza dulu cuman selewat aja kalau mau ke MOI :D ternyata keren bener yah next ah pengen sini

    ReplyDelete
  10. Saya bakal main ke La Piazza kalau begini. Biasanya lebih suka ke MKG

    ReplyDelete
  11. Wow La Piazza jadi berubah cantik dan hijau ya.. instagramable pisan pulak. dan banyak tempat duduknya.

    ReplyDelete
  12. hah, seriusan ini di La Piazza? kenapa ga pernah lihat bagian taman cantik begini ya? Terakhir ke sana saat ada sirkus. Atau waktu dulu belum ada?

    ReplyDelete
  13. Nggak nyangka ada tempat secantik ini di Kelapa gading. Mesti dimasukkan list kunjungan nih kapan-kapan. Mumpung lagi di Bogor juga nih

    ReplyDelete
  14. Wow cantik banget gardennya. Terutama yg ada kolam kecil dg air mancur itu jadi inget film Great Expectations.

    ReplyDelete
  15. Omg! Gardennya bener2 spot terkeren yg pernah aku lihattt, duuh jadi pengen langsung terbang ke sana 😍

    ReplyDelete
  16. Hai Mbak Eka apa kabar? duh lama banget aku gak bw ternyata ya:) AKu udah lama juga gak pernah ke Kelapa Gading, terakhir ke sana tahun 2005 sebelum nikah :-D. Cantik ya The Garden of La Piazzanya. Temanya sedang imlekan ya gardennya ada lampion2 merah

    ReplyDelete
  17. Konsepnya ini menarik, seperti di beberapa tenpat yang membuat konsep ala garden. Tentu memang butuh lahan besar, namun spot-spot berfoto bisa di mana saja.

    ReplyDelete

Hai,

Silahkan tinggalkan komentar yang baik dan membangun ya....Karena yang baik itu, enak dibaca dan meresap di hati. Okeh..